7 Feb 2014

Sedang Dibentuk Tuhan


Siapkah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah ? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: "mengapakah engkau membentuk aku demikian ?"
~Roma 9:20


Menjalani hidup dan tinggal di dunia yang penuh dosa bukanlah suatu hal yang mudah dijalani. Di satu sisi kita di tuntut untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan : hidup dalam kekudusan (1 Pet 1 : 15-16) dan menjauhi segala bentuk keinginan duniawi. Di sisi lain, dunia dengan segala tawaran dan tipu muslihatnya selalu dan akan terus menggoda serta berusaha menjebak kita untuk jatuh dan terjerumus dalam dosa.

Di balik semua yang terjadi dan yang kita alami, sesungguhnya Tuhan Allah sedang membentuk karakter pribadi dan iman kita. Ia ingin menjadikan kita umat kesukaan-Nya sebagai pribadi yang tangguh, pribadi yang dapat dipakai menjadi alat-Nya. Ia memproses dan menerpa kita melalui berbagai percobaan agar kita tampil sebagai anak-anak Tuhan yang militan bukan cengeng.

Memang bukan hal yang mudah dihadapi saat kita di proses dan di tempa. Terkadang secara jasmani menyakitkan. Menghadapinya tidak ada jalan lain selain menyerahkan dan mempercayakan jalan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan serta memohon hikmat dan pimpinan tangan kasih-Nya. Dengannya kita tetap kuat dan mengerti rencana dan kehendaknya di dalam hidup kita. Firman Tuhan berkata "... hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya" (Ef. 6:10), "Berbahagialah mereka yang bertahan dalam ujian, sebab mahkota kehidupan sudah menunggu mereka (Yak. 1:2), dan diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan dan menaruh harapnya hanya pada Tuhan (Yer. 17:7).

Tuhan membentuk kita dengan bermacam-macam ujian. Ia ingin memurnikan kita sehingga memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari kualitas emas yang fana. Saatnya kita akan mendapat bagian pada waktu Kristus menyatakan diri-Nya.

Doa : Bapa kami yang didalam surga, kami menyerahkan seluruh kehidupan kami. Bentuklah kami seturut dengan kehendak dan rencana-Mu yang melayakkan kami menjadi anak-Mu

Sumber : Sabda BIna Umat edisi 127
Foto : google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP