6 Feb 2014

Lepaskan Kebiasaan Buruk


"Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus ? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang ?"
~ Roma 8:35


Ketika dalam sebuah ibadah Pelkat PKP di lontakan pertanyaan kepada ibu-ibu, "Adakah yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah ?" dengan serentak ibu-ibu menjawab "TIDAK ADA". Memang benar dan tidak salah jawaban yang diucapkan ibu-ibu itu karena jawaban itu ada dalam Roma 8:39b.

Aniaya, penindasan, kesesakan, penderitaan, kelaparan dan lain sebagainya, seperti yang Paulus katakan itu adalah pencobaan dan gumul yang datang dari luar tubuh jasmani kita. Biasanya semakin kita terdesak oleh berbagai hal tersebut, kita akan semakin rajin berdoa dan mendekat kepada Tuhan, lengket seperti amplop dan perangko. Jadi ternyata hal-hal tersebut bukan menjauhkan kita dari Allah, tetapi malah mendekatkan kita kepada Tuhan Yesus.

Namun ternyata ada hal-hal yang dapat memisahkan kita dari Kristus, yaitu diri kita sendiri. Dan bahkan ada banyak hal dalam diri kita yang memang berperan untuk memisahkan kita dari kasih Kristus.

Seringkali justru hal-hal buruk yang ada di dalam diri kita sendirilah yang memisahkan kita dari kasih Kristus. Renungkanlah hal-hal buruh dibawah ini yang mungkin kita miliki :

- Perasaan : kebimbangan, sakit hati, kecewa, kepahitan
- Pikiran : najis, cabul, hawa nafsu, zinah dan lain-lain
- Kebiasaan : malas, pesta pora, mabuk dan lain-lain
- Sifat : sombong, iri, kebencian, cemburu, ego, amarah.

Jika salah satu dari ciri-ciri ini kita biarkan terus berada dalam diri, kita tidak akan bertumbuh menjadi dewasa. Hal-hal tersebut merampas damai sejahtera dan kasih dalam diri kita sehingga lambat laun kasih kita kepada Allah akan luntur.

Mari masuki hari baru dengan tidak membiarkan hal-hal buruk, entah sadar atau tidak sengaja atau tidak ada dalam diri kita, sehingga memisahkan kita dari kasih Allah. Buang hal-hal buruk itu bukan dengan kekuatan yang kita miliki. Mintahlah Roh Kudus menolong dan memampukan kita untuk melawannya. Selamat berkarya, Tuhan memberkati.

Doa : Ya Tuhan jangan biarkan aku terus terkungkung dalam kebiasaan kebiasaan buruk yang dapat memisahkanku dari kasih-Mu

Sumber : Sabda BIna Umat edisi 127
Foto : google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP