14 Feb 2014

Firman-Mu, Roti Kehidupan


Akulah TUHAN, Allahmu ...
~ Keluaran 20:2

Ayat 2 merupakan pembukaan ucapan Allah sebelum hukum Taurat disampaikan kepada umat Israel. Tujuannya supaya umat tahu siapa sebenarnya yang membebaskan mereka dari Mesir. Bukan Musa, Harun atau para tua-tua Israel. juga bukan karena pengasihan Firaun atas umat Tuhan. Dengan tegas dan jelas dikatakan Tuhan : "Akulah Tuhan Allahmu, yang membawa engkau keluar dari Mesir". Ucapan ini sangat penting dalam kelangsungan hidup umat, baik dalam perjalanan selama 40 tahun maupun ketika umat ada di tanah perjanjian.

Berkat, kuasa dan kasih Allah, nyata-nyata menjadi berkat, oleh sebab itu mereka harus patuh berpegang pada firman-Nya. Mengenai ke 10 hukum Taurat ang diterima oleh Musa dari Allah (Ul.5:22) tertera pada dua loh batu. Loh batu pertama terdiri dari 4 hukum yang berkaitan dengan persekutuan manusia dengan Allah. Umat Israel dan juga seluruh umat harus mengasihi dan hormat pada Allah, itulah yang utama. Simak Mat.22:37-40. Bagaimana mungkin, seseorang mengatakan, Dia mengasihi saudaranya, kalau ia tidak mengasihi Allah terlebih dahulu, itu munafik dan bohong!

Cukup lama umat Israel hidup di Mesir. Bisa saja mereka sudah terkontaminasi pada penyembahan illah Mesir. Di samping itu, mereka harus menjadi umat yang jujur, tidak memakai nama Tuhan dengan sembrono, nama Allah jangan dipermainkan. Seperti apa yang menjadi kenyataan hidup pemimpin-pemimpin negara dan bangsa kita. Loh batu yang kedua, terdiri dari enam hukum, yang merupakan perintah Allah dan tugas kita, mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Kehidupan kita selalu diberkati Tuhan, dan adalah tugas kita, mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Kehidupan kita selalu diberkati Tuhan, dan adalah tugas iman kita untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Doa : Firman-Mu adalah pelita pada jalan hidupku

Sumber : Sabda BIna Umat edisi 127
Gambar : THE WORD FOR THE WORLD

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP