8 Feb 2014

Beriman dan Bersaksi

Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan ~Roma 10:10

Rasul Paulus menyatakan bahwa manusia dibenarkan hanya oleh iman (sola fide), bukan oleh perbuatan. Ini menarik, Apa memang cukup manusia diselamatkan hanya oleh iman ? Bukankah rata-rata orang mengatakan bahwa manusia diselamatkan oleh iman + perbuatan ? Kelihatannya menurut pandangan ini untuk masuk sorga itu mudah. Ya, asal percaya, titik! Dan memang banyak orang percaya berlaku demikian. Asal dibaptis, cukuplah....pasti selamat. Asal percaya kepada Yesus, ya selamat! Tanpa perbuatan, kan katanya kita diselamatkan hanya oleh anugerah Allah. Yang penting kita selamat. Itukah maksudnya ?

Sebenarnya bila kita perhatikan Paulus bukan sama sekali meniadakan perbuatan. Paulus mengkritik kalangan Kristen-Yahudi di Roma yang menjaminkan hidupnya pada perbuatan dan pentaatan Hukum Taurat, bukan pada iman yang terungkap dalam cinta kasih.

Lalu apakah perbuatan kita tidak punya arti sama sekali dalam rangka usaha mencapai kesalamatan ? Oh, tidak! Tidak sama sekali! Bukan itu maksudnya! Perbuatan baik memang perlu, tapi bukan untuk meraih keselamatan melainkan sebagai perwujudan iman yaitu respon atas keselamatan yang diterima. Bila manusia merasa mampu mencapai keselamatan dengan perbuatan baiknya, itu kesombongan namanya. Iman harus hidup, bertumbuh dan berbuah melalui kesaksian. Oleh karenanya Paulus berkata "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalajh Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan."

Doa : Bapa pakailah mulutku untuk menyaksikan setiap perbuatan-Mu yang dahsyat dalam hidupku tuk menguatkan sesamaku

 
Close X
Back to TOP