12 Feb 2014

Ditindas Namun Tidak Putus Asa


... Izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun ...
~Keluaran 5:3


Musa dan Harun memohon izin kepada Firaun agar umat Israel dapat beribadah mempersembahkan korban kepada TUHAN di padang gurun. Musa dan Harun, menyebut Allah Israel, karena Firaun tidak mengenal Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Ibadah ini adalah yang Tuhan perintahkan, sehingga Musa dan Harun memohon dengan segala kerendahan hati agar Firaun memenuhi permohonan mereka. Dengan beribadah di padang gurun, tentu umat Israel dapat beribadah dengan tenang dan tidak mengganggu bangsa Mesir.

Permohonan Musa dan Harun ini adalah biasa. Nyatanya, justu membangkitkan amarah Firaun. "Aku tidak mengenal Allah orang Israel, saya akan rugi besar kalau batu bata tidak ada, bangsa Mesir akan merasakan akibatnya, kamu adalah manusia malas,!" demikian kira-kira ucapana Firaun. Firaun menolah permintaan Musa dan Harun, dan sebagai konsekuansinya mereka dipaksa bekerja lebih berat lagi. (ay.7-11). Umat Tuhan makin ditindas! Umat Israel hanya dipandang sebagai alat produksi dan bukan manusia merdeka yang bebas untuk dapat beribadah kepada Tuhannya. Umat Israel tidak memiliki derajat yang sama dengan bangsa Mesir. Mereka hanyalah kelas budak dan bukan majikan.

Sebagai umat Tuhan, kita diingatkan bahwa dalam situasi yang seberat dan sepahit apapun, kita harus makin kuat dan tegar. Simak baik-baik apa yang difirmankan Tuhan bagi kita dalam Roma 8:31 bahwa jika Allah di pihak kita maka kita dapat menghadapi apapun tanpa takut dan 2 Korintus 4:8 dan 9 yang menegaskan tentang pemeliharaan Tuhan yang ajaib bagi Umat-Nya. Sudah sepatutnya kita memuji Tuhan senantiasa dalam segala hal yang kita alami, termasuk jika saudara menghadapi tekanan yang berat hari-hari ini. Tuhan pasti mendengar doa saudara dan memberi kelepasan pada waktunya.

Doa : Kuatkan kami di tengah tantangan dan tekanan hidup.

Sumber : Sabda BIna Umat edisi 127
Foto : crosscard.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP