14 Feb 2014

Kamulah Harta-ku Yang Terindah



Kamu kan menjadi bagi-Ku kerajaan imam ..~Keluaran 19:6

Dengan tepat, ditetapkan waktu dan tempat, dimana dena umat Israel yang akan meneriman hukum Taurat. Pada bulan ketiga setelah orang Israel keluar dari tanah Mesir dan tiba di padang gurun Sinai pada hari itu juga. Berarti berbeda jauh dengan permohonan umat untuk beribadah di padang gurun yang kata umat, tiga hari perjalanan. Yang utama bukan lama atau tidak lama perjalanan, tapi umat Israel dipersiapkan untuk menerima hukum Taurat sebagai pegangan hidup. Di kaki gunung Sinai mereka ditetapkan sebagai "harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala" (ay.5b) dan menjadi umat yang terpilih, karena itu mereka harus mengikuti segala ketetapan Allah (ay.10-14).

Mereka tidak boleh datang dengan pakaian yang kotor. Bila dilanggar mereka dihukum mati. Tuhan memberi hukum-Nya di tempat yang gersang, di gunung yang tinggi, bukan di istana raja-raja atau tempat mewah, tidak sama sekali! Umat Israel tidak memohon untuk menjadi umat terpilih, tapi Allah memilih mereka, bangsa yang keras kepala. Dahulu mereka menderita, sekarang mereka bebas lepas dari Mesir karena ditopang oleh kasih Allah. Umat Israel harus benar-benar merenungi dalam-dalam kebesaran kasih Tuhan. Tuhan mengacungkan tangan kuasa-Nya sehingga Israel lepas dari penindasan Mesir dan selamat melewati laut Teberau yang terbelah.

Semua firman Tuhan, yang disampaikan pada Musa, diaminkan oleh umat (ay. 8). Umat Israel harus siap dan layak dihadapkan Tuhan. Mereka bukan saja umat yang terpilih, tapi harus juga menjadi panutan bagi bangsa-bangsa di sekitar. Demikian juga kita sebagai warga gereja, dipanggil dan dipilih Allah sebagai anak-anak-Nya untuk menjadi terang di tengah angkatan yang bengkok hatinya agar mereka mengenal dan mengalami kasih Allah (Filipi 2:15).

Doa : Layakkan kami jadi anak-Mu
Sumber : Sabda BIna Umat edisi 127

Gambar : Google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP