12 Feb 2014

BERJUANG TERUS



Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun.... ~Keluaran 5 : 24b

Bacaan: Keluaran  5 : 15 - 24
Dalam satu puji-pujian yang dinyanyikan oleh seorang tokoh agama dan pendeta, disyairkan demikian : “We Shall Overcome, We Shall Overcome, We Shall Overcome Someday, Deep In My Heart I Do Believe We Shall Overcome Someday (terj. bebas: kita akan melewati/atasi segala derita, dalam hati bathinku yang terdalam, saya/kita yakin kita akan melewati segala derita, satu saat). Syair lagu ini mengambarkan bagaimana Musa dan Harun melaksanakan tugas dan panggilan mereka membawa keluar umat Tuhan dari Mesir ke tanah perjanjian.

  Banyak sekali tantangan yang mereka alami. Firaun tidak mengizinkan umat Israel beribadah selama tiga hari perjalanan. Mereka dinilai sebagai bangsa pemalas. Firaun akan rugi besar kalau umat Israel keluar untuk beribadah dan tidak bekerja. Akibat permintaan ini derita umat makin berat. Bahan baku jerami harus di cari sendiri dan jumlah batu bata harus tetap. Para mandor Israel menuduh Musa dan Harun menjadi sumber malapetaka. Umat makin putus asa dan tidak percaya pada ucapan dan janji Musa. Tuhan tetap menyuruh Musa dan Harun menghadap Firaun dan menegaskan bahwa: “sekarang engkau akan melihat apa yang akan Aku lakukan pada Firaun” Tuhan tidak mau dipermainkan oleh Firaun.

  Demikian juga kita, anak-anak dan waris kerajaan-Nya, kita harus tabah dan setia mengikut Tuhan dan Raja diatas segala Raja. Musa dan Harun mendapat tugas berbicara kepada Firaun berulang-ulang sampai waktunya Tuhan menyatakan kuasa-Nya yang dahsyat. Tuhan ternyata hadir di tengah penderitaan umat-Nya dan menghendaki umat-Nya bebas beribadah. Mereka tidak boleh putus asa sebab Tuhan bersama dengan umat-Nya. “We Shall Overcome.” Kita akan mengatasi semua masalah bersama Tuhan.

Doa : (Tegarkan senantiasa iman, harap dan percaya kami).


Sumber : Sabda BIna Umat edisi 127
gambar : http://cramming101.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP