2 Jan 2014

Manusia

Kami Mengaku,
  1. Bahwa manusia 1): laki-laki dan perempuan 2) , diciptakan sepadan 3) oleh Allah menurut rupa dan gambar - Nya 4) .
  2. Bahwa manusia diciptakan Allah sebagai mahluk religius 1) dan makhluk sosial 2) yang diberikan kemampuan 3) untuk membangun relasi secara positif dengan sesamanya demi kebersamaan dan kesejahteraan seluruh ciptaan-Nya.
  3. Bahwa manusia laki-laki dan perempuan disatukan dalam pernikahan 1) untuk saling mengasihi dan melengkapi 2).
  4. Bahwa manusia bertanggung-jawab untuk bekerja 1) dalam rangka memelihara dan melestarikan , 2) alam. Untuk menunaikan tugas yang mulia ini manusia maupun struktur masyarakatnya tidak boleh disanjung dan dipuja 3).
  5. Bahwa manusia diberi kemampuan dan wewenang menata-layani alam 1) berserta isinya; kemampuan dan wewenang ini dilaksanakannnya dalam keseimbangan di antara kebebasan dan tanggung-jawab 2) , dan di antara hak dan kewajiban 3).
  6. Bahwa karena keinginannya manusia 1) menyalahgunakan kuasa 2) dan tanggung-jawabnya, sehingga ia jatuh dalam dosa 3) menyebabkan rusaknya hubungan 4) dengan Allah, sesama dan alam .
  7. Bahwa manusia memerlukan anugerah pembaruan 1) , agar dapat melanjutkan pekerjaanNya hingga pemenuhan kerajaan Allah 2) .
  8. Bahwa hanya oleh kemurahan Allah 1) melalui Yesus Kristus dan di dalam persekutuan 2) dengan Roh Kudus, martabat manusia sebagai gambar Allah 3) dipulihkan kembali, sehingga ia dapat menghayati dan menikmati hidup kekal 4) dalam kehidupan yang sekarang ini maupun dalam kehidupan yang akan datang .

 
Close X
Back to TOP