2 Jan 2014

Alam dan Sumber Daya

Kami Mengaku,
  1. Bahwa Allah menciptakan alam dan sumber daya-nya 1). Allah mempercayakan pengelolaannya kepada negara 2) dengan penuh tanggung jawab 3) demi kesejahteraan 4) manusia dan kelangsungan hidup sesama ciptaanNya.
  2. Bahwa kekuatan-kekuatan alam 1) yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, takluk pada kuasa Allah dan karena itu alam tidak boleh disembah 2) .
  3. Bahwa alam dan sumber dayanya telah dipulihkan oleh Yesus Kristus 1) . Karena itu manusia yang telah didamaikan dan dipulihkan, wajib memelihara alam dan sumber dayanya dengan penuh perhatian dan rasa tanggung jawab .
  4. Bahwa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi 1) , manusia boleh meneliti dan mengelola alam beserta sumber dayanya, secara tepat guna sehingga alam memiliki kesempatan untuk memperbaharui dirinya dan berdaur ulang 2).
  5. Bahwa oleh karena kuasa dosa, manusia cenderung untuk menguasai alam bagi kepentingan dan keuntungan pribadi, sehingga terjadi benturan kepentingan yang mengakibatkan dampak kerusakan alam. Hanya oleh pendamaian antara Allah dan manusia yang dilaksanakan dengan perantaraan Tuhan Yesus Kristus, maka manusia sebagai ciptaan baru 1) dapat melihat kembali pentingnya alam sebagai rumah dan sarana kehidupan bagi segala mahluk.
  6. Bahwa karena pembaruan Roh Kudus 1), Gereja memiliki kewajiban moral 2) untuk bersama-sama pemerintah dan bangsa-bangsa berusaha menata ekologi dan mencegah pengrusakan alam.

 
Close X
Back to TOP