21 Mei 2014

Tetap Taat Dan Bersaksi


Supaya mereka Kucoba, apakah mereka 
hidup menurut hukum-Ku atau tidak
 ~ Keluaran 16:4b

Jakarta didatangi oleh orang-orang dari berbagai daerah. Kotanya menjadi penuh sesak termasuk jalanan yang ada. Kemacetan lalu linta menjadi hal yang lumrah terjadi. Ada ungkapan yang setiap hari kita dengar, yaitu: “Kalau tidak macet bukan Jakarta” demikian pula dengan bacaan kita hari ini:”Israel selalu bersungut-sungut, kalau tidak bersungut-sungut, ya bukan Israel”. Persungutan merupakan ciri khas karakter Israel. Hal apa saja kalau menyangkut kepentingan mereka selalu terjadi persungutan. Ketika Israel tiba Mara sumber airnya pahit tidak dapat diminum, mereka bersungut-sungut kepada Musa (15:22-27). Allah membawa Israel berkemah di Elim, disana ada banyak pohon korma dan sumber air segar. Di sana tidak ada persungutan.

Dalam perjalanan di padang gurun Sin, di mana tidak ada makanan, merekapun bersungut-sungut lagi kepada Musa, Bahkan Musa terpukul oleh persungutan Israel yang menuduh Musa hendak membunuh Israel di padang gurun dengan kelaparan. Persungutan Israel harus dipahami oelh sebab mereka diperbudak selama 430 tahun, tanpa kesempatan pendidikan sehingga pikirannya tumpul dan sikapnya bebal untuk mengerti kebenaran.

Pada masa kini banyak orang diperbudak oleh dosa sehingga mata hatinya buta. Pikirannya menjadi bebal terhadap firman dan kebenaran. Hidup mementingkan diri sendiri dan bertengkar soal uang. Itu bukan saja terjadi di masyarakat tetapi juga dalam lingkungan gereja. Gereja yang harus hidup oleh iman dan anugerah Allah, telah berubah menjadi bebal demi perut.
Orang beriman banyak yang jatuh dalam pencobaan zaman, sehingga kehilangan terang dan kesaksiannya. Kita dipanggil untuk tetap taat dan memberi kesaksian bahkan ditengah pergumulan sekalipun.

Doa : Jauhkan kami dari sungut-sungut. Kuatkan kami untuk tetap taat dan menyaksikan kemuliaan-Mu.

Sumber : Sabda BIna Umat edisi 129
Gambar : www.timesofrefreshingontheoldpaths.wordpress.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Close X
Back to TOP